Jumat, 18 Desember 2015

Sistem Pengurus RT

Dizaman sekarang yang semakin canggih dengan teknologi yang sangat membantu masyarakat dalam mengerjakan sesuatu dengan secara cepat dan efesien dalam waktu membuat masyarakat sangat membutuhkan produk produk IT terbaru untuk membantu memecahkan suatu masalah.

Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah ide produk IT yang berupa sistem pada sebuah kepengurusan RT (Rukun Tetetangga) yang dimana fungsinya memudahkan masyarakat dalam mencari informasi tentang tetangga, memudahkan tugas  RT dan memudahkan dalam sensus penduduk karena data warga sudah terdaftar dalam sistem.

Dalam sistem kepengurusan  RT akan memiliki berbagai fitur-fitur, fitur dalam membantu ketua RT dalam mencari data-data tentang warganya, didalam data-data tersebut akan muncul tentang alamat rumah, nama seluruh keluarga dan juga nomer telephone rumah jika tidak ada nomer telephone rumah maka akan diganti dengan nomer handphone dari kepala keluarga. Didalam fitur ini ketua RT dapat mengedit data warga, mengisikan warga baru dan mengahapus data warga.

Fitur selanjutnya adalah membantu Ketua RT membuat surat-surat misalnya surat pengantar dan surat keterangan, ketika warga ingin membuat surat keterangan ketua RT tinggal masuk ke sistem dan menginput apa saja yang perlu diinput dalam sistem tersebut setelah semua telah diinput maka akan keluar output yang berupa surat keterangan.

Selanjutnya akan terdapat fitur tentang administrasi didalam fitur administrasi ini akan terdapat menu-menu tentang iuran kemanan dan iuran kebersihan, iuran keamanan ini akan terdapat data warga yang sudah membayar uang iuran keamanan dan belum membayar iuran keaman, iuran keamanan ini diinput oleh ketua RT dari data yang diberikan oleh Bendahara RT. Dalam Iuran kebersihan hampir sama dengan iuran keamanan akan terdapat data warga yang sudah membayar iuran kebersihan dan belom membayar iuran kebersihan.

Fitur struktur kepengurusan RT jadi disini kita dapat melihat bentuk atau bagan kepengurusan RT dan siapa saja yang menjadi ketua RT, wakil ketua RT, bendahara, sekretaris dan masih banyak lagi. Kemudian terdapat fitur yang dapat melihat pemasukan uang dan pengeluaran uang kas yang dapat membantu ketua RT melihat apa saja pemasukan dan pengeluaran dalam satu bulan di kawasan lingkunganya.

Jadi itulah ide produk IT sistem pengurus RT dengan fungsi memudahkan masyarakat dalam mencari informasi tentang tetangga, memudahkan tugas RT dan memudahkan dalam sensus penduduk karena data warga sudah terdaftar dalam sistem dan memiliki fitur mencari data-data warga, fitur surat, fitur administrasi, fitus struktur kepengurusan RT dan fitur pemasukan dan pengeluaran uang dalam RT tersebut.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar