Pembagian jenis logo secara lebih sederhana dibagi atas dua
bagian yaitu :
- Logotype, Word Marks atau Brand Name.
Logo yang tersusun dari bentuk terucapkan (rangkaian
huruf yang dapat dibaca atau diucapkan).
- Logogram, Device Marks atau Brand Marks.
Logo yang tersusun dari bentuk tak terucapkan bentuk
berupa gambar.
Contoh dari Word Marks atau logo yang tersusun dari bentuk
terucap yaitu "CANON"
Siapa yang tidak tau dengan merk ternama ini “CANON” yang
bergerak dibidang elektronik seperti camera, printer dan lain lain. Logo
perusahaan asal Jepang ini cukup banyak berganti sepnjangng sejarahnya. Pada tahun
1930. Goro Yoshida dan saudaranya Saburo Uchida mendirikan perusahaan bernama
Precision Optical Instruments Laboratory.
Empat tahun kemudian, mereka meluncurkan kamera pertamanya
yang diberi nama kwanon. Kwanon tersebut diambil dari nama dewa dalam agama
budha, kwanon merupakan perwujudan dari Avalokitesvara Boddhhisatva dalam Bahasa
sansekerta adalah:
- Valokita (Kwan / Guan / Kwan Si /Gwan ) yang bermakna "Melihat ke bawah atau mendengarkan kebawah". Bawah disini bermakna ke dunia, yang merupakan suatu alam (lokita).
- Svara (Im / Yin) verartu suara. Yang dimaksud adalah suara dari mahluk-mahluk yang menjerit atas penderitaan yang dialaminya. Oleh sebab itu Kwan Im atau Kwanon adalah Budhisatva yang melambangkan kewelas-asihan dan penyayang.
Logo canon juga memakai warna merah yang menandakan atau mengambarkan bahwa logo canon memiliki kesan kegembiraan, seksi, menarik dan pemberani.
Seiring dengan berjalannya waktu, Canon meyerserhanakan logonya. Pada tahun 1953, mereka mengubah nama perusahan menjadi canon dari yang awalnya Kwanon. Sejak tahun 1956, logo canon relative tidak berubah sampai sekarang.
Contoh dari Device Marks atau logo yang tersusun dari bentuk
gambar yaitu “NIKE”
Siapa yang tidak mengenenal logo diatas tersebut logo yang
terlihat seperti tanda ceklis, “NIKE” yang terlintas kita saat melihat logo tersebut adalah merk dagang nike yang
menjual berbagai jenis sepatu dan sekarang pun mereka tidak hanya menjual
sepatu saja berbagai perlengkapan alat sport mereka jual.
Logo nike sendiri dirancang oleh Carolyn Davidson pada tahun
1971, Logo ini berharga $35. Makna logo nike bisa dilihat dari gambar lekukan
seperti cairan yang disiramkan atau dikenal sebagai swoosh atau siraman. Makna ayang
terkandung dari gambar tersebut sangat simple, yaitu kesuksesan yang terjadi
adalah hasil jerih payah seseorang yang tidak pernah berhenti bergerak pada
masa hidupnya. Kesuksesan disini melambangkan dengan siraman yang mengarah
keatas.
Icon itu sendiri diambil dari inspirasi sayap dewa
kemenangan yunani. Pada waktu prajurit memenangakan peperangan, mereka akan
mengatakan “NIKE”. Logo ini pertama kali dikenalkan public pada tahun 1972,
baru kemudian pada tahun 1995 didaftarkan sebagai trademark.
Nike menggunakan gambar checklist dikarenkan nike
pertamakali memproduksi sepatu lari. Nike mencoba mensponsori banyak atlet di
dunia. Gambar nike dengan tanda checklist dibuat ooleh desain grafisnya yang
memberikan arti sebuah kecepatan dan gerakan. Sekarang ketika kita melihat
tanda checklist kita akan berpikir tentang nike.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar